Rumah sakit saat ini merupakan sebuah instiusi publik yang keberadaannya sangat dibutuhkan. Karena itulah di Indonesia, bisnis rumah sakit sangat menggiurkan meskipun pembiayaan rumah sakit oleh negara melalui program BPJS selalu disorot karena dinilai tidak profesional. Selain rumah sakit umum, rumah sakit khusus bersalin juga bermunculan di berbagai daerah termasuk rumah sakit bersalin di Purwokerto.

Rumah Sakit Umum atau Rumah Sakit Khusus Bersalin ?

Rumah Sakit Umum Daerah di Purwokerto. Sumber Twitter @rsudmargono

Mungkin anda akan kebingungan ketika menentukan rumah sakit untuk persiapan melahirkan. Mau ke rumah sakit umum atau rumah sakit khusus persalinan?. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan RS, rumah sakit dibedakan menjadi dua berdasarkan jenis pelayanannya yakni RSU dan rumah sakit khusus. Dalam hal ini, RSIA yang menangani kesehatan ibu dan anak termasuk rumah sakit khusus.

RSU adalah rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan pada semua bidang dan jenis penyakit. Dengan demikian, di RSU tersedia pelayanan spesialis hingga subspesialis seperti penyakit dalam, kesehatan anak, mata, telinga hidung tenggorokan, orthopedi, bedah, obstetri, ginekologi dan lain-lain. Sedangkan RSIA khusus memberikan pelayanan kepada masalah kesehatan ibu dan anak, mulai dari maternal, reproduksi dan anak-anak dari usia 0-18 tahun.

Saat ini rumah sakit umum pun sudah dilengkapi dengan berbagai fasikitas kesehatan dan tenaga ahli yang memungkinkan anda melakukan persalinan normal maupun operasi cesar. Sehingga keduanya baik rumah sakit umum maupun rumah sakit khusus bersalin sama-sama bisa dijadikan rujukan pada saat proses persalinan.

Pertimbangan Memilih Rumah Sakit

Untuk kasus kelahiran, pertimbangan memilih rumah sakit menjadi sedikit berbeda dengan pertimbangan karena sakit atau karena kasus lainnya. Di bawah ini adalah pertimbangan dalam pemilihan rumah sakit.

1. Biaya

Jika anda merupakan pasien yang tidak memiliki jaminan kesehatan baik dari pemerintah seperti BPJS atau asuransi kesehatan swasta, maka anda perlu mempertimbangkan biaya yang harus di keluarkan. Tentu saja biaya yang dikeluarkan setimpal dengan pelayanan yang di terima. Jangan sampai salah pilih.

2. Fasilitas Kesehatan

Semakin lengkap dan semakin canggih fasilitas kesehatan maka semakin mahal tarif dari layanan rumah sakit. Jika anda ketika mengalami tanda-tanda akan melahirkan, sedangkan anda memiliki resiko kelahiran yang tidak normal, maka pilihlah rumah sakit yang memiliki peralatan yang cukup lengkap.

3. Jaminan kesehatan

Anda hendaknya memilih rumah sakit yang sesuai dengan jaminan kesehatan yang anda miliki. Seperti jaminan kesehatan BPJS yang hanya mengampu rumah sakit yang telah bekerja sama dengan BPJS maka pilih rumah sakit yng sudah bekerja sama dengan BPJS. Saat ini berbagai rumah sakit swasta sudah melakukan kerjasama dengan BPJS.

4. Jarak

Pilih rumah sakit yang tidak terlalu jauh dengan kediaman anda. Namun hal ini dengan catatan jika proses kelahiran anda merupakan kelahiran normal yang tidak beresiko. Dengan rumah sakit terdekat, untuk mengurus pembayaran, mempersiapkan kelahiran akan menjadi lebih cepat.

5. Dokter yang bertugas

Terkadang seorang pasien, terutama pasien ibu hamil akan merasa cocok dengan dokter yang bukan sembarang dokter. Ada sebagian wanita yang merasa risih dan malu jika ditangani oleh doter kandungan laki-laki. Jika anda memiliki kenyamanan jika ditangani dokter favorit anda, maka lakukan proses persalinan di rumah sakit dimana dokter langganan anda bertugas.

Rumah Sakit Bersalin di Purwokerto

Dibawah ini website Padi Aqiqah yang merupakan penyedia jasa aqiqah Purwokerto dan sekitarnya akan memberikan rangkuman daftar rumah sakit bersalin di Purwokerto yang bisa di jadikan rujukan saat proses persalinan.

1. RSIA Bunda Arif

RSIA Bunda arif adalah Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak yang berada di Purwokerto. Rumah Sakit ini merupakan pengembangan dari bidan praktek yang berlanjut menjadi Rumah Bersalin, dan semakin berkembng menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak. RSIA ini berdiri sejak tanggal 8 Oktober 2005 dan mendapatkan pengesahan sebagai rumah sakit swasta pada tanggal 7 September 2005.

Rumah sakit yang berlokasi di Jalan Jatiwinangun No. 16 Purwokerto ini mendapatkan Ijin Operasional secara tetap pada tanggal 20 April 2010 berdasarkan Surat Ijin RS Nomor 445/19/IV/2010 yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas. Masa berlaku surat ijin ini adalah selama 5 tahun.

Penetapan kelas Rumah Sakit Khusus telah dilakukan pada tanggal 22 Agustus 2011 dengan hasil sebagai Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak kelas C. Hal ini ditetapkan dengan SK Menkes No. HK.03.05/1/2167/11. Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda arif Purwokerto telah terakreditasi tingkat Madya (bintang tiga) pada tahun 2019.

  • Alamat Jalan Jatiwinangun No. 16 Purwokerto
  • Telp/Fax (0281) 636 555 / 630 960
Akreditasi di RSKIA Bunda Arif Purwokerto. Sumber IG @rskiabundaarif

2. RSB Budi Asih

Salah satu rumah sakit khusus bersalin di Purwokerto adalah Rumah Sakit Bersalin Budi Asih. Meskipun nama Budi Asih ada di berbagai daerah, namun rumah sakit bertipe C ini merupakan rumah sakit yang berdiri sendiri dan hanya memiliki kesamaan nama. Rumah sakit ini di kelola oleh dokter kandungan setempat yakni dr. Hanantyo Primi Andriawan, Sp.OG. Dengan proses akreditasi yang telah dilaksanakan pada tanggal 24 September 2018 ini, RSB Budi Asih siap memberikan pelayanan kepada warga Purwokerto dan sekitarnya.

  • Alamat Jl. Perintis Kemerdekaan No. 30B, Purwokerto Kulon, Banyumas
  • Telp (0281) 641310

3. Rumah Bersalin Astamas

Selain rumah sakit besar, di Purwokerto bermunculan juga klinik khusus menangani persalinan. Salah satunya adalah Rumah Bersalin Astamas.

  • Alamat JL Martadirejo 1, No. 810, Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
  • Telp (0281) 634 668

Itulah beberapa rumah sakit bersalin di Purwokerto dan berbagai tips memilih rumah sakit. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan anda pengetahuan. Silahkan membaca artikel kami lainnya yang mengulas tentang cara mencegah infeksi Corona pada ibu hamil yang ada di halaman website kami. Terima kasih.

Open chat