Bagi anda yang akan menyelenggarakan tasyakuran aqiqah maka hal yang harus dipesiapkan selain kambing adalah undangan aqiqah. Undangan aqiqah anak memang harus dibuat agar ada komunikasi yang jelas antara anda sebagai tuan rumah dan warga, kerabat atau teman sebagai tamu undangan.

Untuk pembuatan menu aqiqah, anda bisa mempercayakan kepada penyedia jasa aqiqah yang sudah ada di berbagai tempat seperti jasa aqiqah Cilacap, jasa aqiqah Kebumen dan sebagainya. Namun untuk masalah undangan aqiqah anak, anda bisa membuatnya sendiri jika memiliki kemampuan desain grafis. Ada beberapa bentuk undangan yang bisa anda jadikan referensi.

Contoh undangan cetak. Sumber diradesign.blogspot.com

Undangan Lisan

Undangan lisan mungkin terdengar asing di telinga sebagian orang. Namun di beberapa daerah di Jawa, seperti di daerah pedesaan di bantul, undangan dengan menggunakan lisan merupakan bentuk penghormatan tuan rumah kepada yang di undangi. Biasanya tuan rumah menggunakan utusan untuk mengundang. Jadi anda tidak perlu menghubungi percetakan atau membuat desain undangan sediri.

Menundang secara lisan dinamakan ‘atur-atur’ dalam budaya Jawa. Atur atur berasal dari kata ngaturi yang berarti mempersilahkan. Bentuk undangan lisan seperti ini mungkin telah dihilangkan di sebagian daerah, namun ada sebagian lainnya yang masih mempertahankan. Bahkan ada sebagian yang menganggap undangan dalam bentuk kertas adalah bentuk ketidak sopanan jika yang diundang adalah orang tua, atau tokoh.

Proses atur-atur sendiri adalah tuan rumah mencari utusan yang biasanya seorang pemuda untuk menyampaikan kepada yang diundang agar menghadiri hajatan yang diselenggarakan tuan rumah. Penyampaiannya dengan menggunakan bahasa jawa halus. Selain itu harus memakai pakaian yang sopan dan mengerti tata krama atau unggah-ungguh.

Cara ini memang terlihat rumit dan tidak praktis, namun anda sebagai pengundang akan terlihat sebagai seseorang yang berbudi luhur di adat Jawa. Biasanya beragam undangan hajatan menggunakan cara ini termasuk acara aqiqahan. Bagi anda yang bersuku Jawa, apakah anda masih menggunakan undangan aqiqah anak seperti ini ?

Undangan Digital

Ini adalah undangan aqiqah anak paling praktis dan terlihat keren. Anda tinggal membuat animasi dengan menggunakan aplikasi yang bisa di unduh melalui smartphone anda. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan, baik yang free maupun berbayar. Tentu saja masing masing ada kelemahan dan keunggulannya.

Undangan digital dalam bentuk animasi saat ini populer digunakan, termasuk untuk undangan aqiqah anak, undangan nikah dan acara lainnya. Anda tinggal megirimkan dalam bentuk soft file melalui WhatsApp atau aplikasi perpesanan lainnya. Selain itu saat ini sudah ada layanan undangan digital yang dibuat dengan tarif premium.

Namun kelemahan dari undangan seperti ini adalah kurangnya nilai silaturahim. Menggunakan undangan seperti ini untuk mengundangi para orangtua untuk hadir rasanya kurang etis. Sebaiknya untuk mengundangi orang tua menggunakan undangan dalam bentuk hard copy. Meskipun undangan dalam bentuk digital seperti ini mempercepat dan memudahkan dalam distribusi.

Undangan Blangko

Bagi anda yang memilii kemampuan untuk mengolah gambar desain menggunakan aplikasi desain grafis dan memiliki printer anda bisa membuat kreasi undangan aqiqah anak menggunakan undangan blangko. Dengan menggunakan undangan blangko anda bisa menghemat pengeluaran untuk pembuatan undangan aqiqah anak.

Undangan blangko bisa di dapatkan di toko undangan balngko. Blangko tersebut merupakan kertas dalam gramatur berat, tebal dan sudah memiliki ornamen dan bentuk undangan pada umumnya. Anda tinggal merancang redaksi tulisan sesuai dengan keinginan anda lalu menyesuaikan dengan bentuk blangko. Setelah desain tulisan jadi anda tinggal mencetaknya menggunakan printer.  

Undangan Offset

Dengan undangan model offset anda bisa mendesain undangan dengan foto, warna dan berbagai gaya sesuai keinginan anda. Undangan aqiqah anak anda bisa anda buat sesuai dengan tema anak-anak, tema resmi dan sebagainya. Untuk undangan dengancetak offset sebenarnya berbiaya mahal karena hitungan biaya cetak persatu kali cetak mahal sehingga ketika satu kali naik cetak sebaiknya mencetak dalam jumlah besar.

Undangan ini biasanya digunakan untuk acara dengan tamu undangan jumlah besar seperti undangan nikah, namun tidak tertutup kemungkinan undangan aqiqah menggunakan jenis ini jika mengundang banyak orang. Opsi lainnya anda bisa menggunakan undangan print digital yang kualitasnya hampir sama dengan cetak offset, namun untuk biayanya perlembar jatuhnya juga mahal. Jika anda membutuhkan undangan yang tidak begitu banyak sebaiknya menggunakan undangan print digital.

Undangan Souvenir

Mug bisa dijadikan sebagai media undangan. Sumber vncojewellery.com

Undangan ini adalah jenis undangan yang multifungsi. Anda bisa membuat undangan menggunakan barang tertentu yang memiliki fungsi lain. Yang sering menggunakan undangan souvenir adalah undangan pernikahan, namun anda bisa menggunakan souvnir untuk undangan aqiqah aak anda. Ada beragam pilihan undangan berupa souvenir yang bisa anda pilih. Anda bisa menggunakan mug, kipas, atau bahkan talenan. Anda bisa mendapatkannya di penyedia jasa pembuatan undangan nikah atau di jasa pembuatan souvenir pernikahan.

Open chat