Kehamilan merupakan anugerah dari Allah SWT. Lahirnya seorang anak muslim berarti melestarikan generasi Umat Islam di masa mendatang. Karenanya, perlu untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Namun kondisi tubuh ibu hamil berbeda dengan kondisi tubuh orang dewasa yang normal.

Kehamilan merupakan fenomena dimana terdapat janin yang oleh tubuh masih dikenal sebagai benda asing. Sehingga terkadang tubuh ibu hamil over reaktif terhadap keberadaan janin dalam tubuhnya. Selain itu, berbagai asupan yang dikonsumsi ibu akan diserap oleh janin sehingga tidak boleh sampai kekurangan karena dapat mengakibatkan efek pada kesehatan ibu hamil.

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan ibu hamil tentu saja dengan mengikuti cara-cara hidup sehat yang benar. Tentunya dengan menyesuaikan dengan kondisi tubuh ibu hamil yang berbeda dibandingkan dengan wanita dewasa pada biasanya. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Kesehatan ibu hamil sangat bergantung pada apa yang dimakan sehari-hari. Isilah piring makan Anda dengan variasi makanan sehat yang bergizi tinggi untuk mendukung kesehatan diri sendiri juga janin dalam kandungan.

Bagi ibu, makan makanan bergizi dapat membantu menambah stamina, menghindari risiko komplikasi kehamilan, mengontrol berat badan saat hamil tetap sehat, hingga mengurangi gejala hamil yang membebani.

Selain itu, pola makan sehat membantu menstabilkan suasana hati agar terhindar dari depresi saat hamil. Makan makanan bernutrisi sejak kehamilan muda juga membantu mempersiapkan tubuh ibu sehat maksimal menjelang persalinan.

Asupan gizi yang bervariasi namun tetap seimbang juga mendukung kelancaran proses tumbuh kembang bayi. Tidak lupa asupan makanan bergizi dapat membantu menjaga berat janin tetap sehat, serta mencegah risiko bayi cacat lahir.

Pengetahuan tentang makanan bagi ibu hamil sangat penting, sehingga tahu mana makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Masakan berbahan dasar daging kambing bagus untuk ibu hamil tapi berbahaya jika tidak dikendalikan.

2. Melakukan Olahraga Rutin Khusus Hamil

Hamil bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga masih menjadi bagian penting dari pola sehat ibu hamil untuk menjaga kesehatan. Olahraga membantu melancarkan sirkulasi darah serta oksigen dalam tubuh, memperkuat otot, dan mengurangi stress saat hamil. Olahraga juga mendukung kecerdasan bayi sejak dalam kandungan.

Usahakan menyempatkan waktu 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Ada banyak pilihan olahraga yang aman untuk ibu hamil. Namun, Anda tidak perlu berolahraga yang berat. Kegiatan fisik ringan seperti jalan santai, renang, bahkan yoga, umumnya aman dilakukan sepanjang usia kehamilan.

Ibu Hamil, sumber : detikNews
Ibu Hamil, sumber : detikNews

3. Menjaga Berat Badan

Setiap perempuan dianjurkan untuk makan makanan bergizi selama hamil. Selain untuk menjaga kesehatan ibu hamil, makan teratur juga bertujuan menambah berat badan saat hamil agar ideal. Ibu yang punya berat badan normal sebelum hamil disarankan untuk menaikkan berat badan hingga 11,5 – 16 kg selama hamil.

Sementara jika Anda bertubuh sangat kurus sejak sebelum hamil, berat badan harus ditambah 13 – 18 kg selama hamil. Kenaikan berat badan sangat berpengaruh pada kesehatan ibu hamil dan bayi. Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, pertambahan berat badan menunjukkan kebaikan status gizi ibu hamil dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Idealnya ibu disarankan untuk menambahkan 300 kalori per hari untuk memenuhi pertambahan berat badan saat hamil. Namun, bukan berarti ibu bisa makan sebanyak-banyaknya. Frekuensi waktu makan, porsi, dan jenis makanannya harus benar-benar diperhatikan agar tidak sampai kelebihan berat badan.

4. Menjaga Kebersihan

Mencuci tangan pakai sabun adalah kebiasaan yang wajib dimasukkan dalam pola hidup sehat ibu hamil. Selalu cuci tangan setelah dari toilet, sebelum makan dan sesudah makan, sebelum dan setelah masak, dan sesudah memegang barang di tempat umum.

Rajin cuci tangan dapat membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit yang rawan menyerang selama kehamilan. Infeksi serius tertentu yang dialami ibu saat hamil dapat meningkatkan risiko komplikasi serta resiko bayi cacat lahir.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Untuk menjaga kesehatan saat hamil, ibu dianjurkan cukup minum air putih setiap hari. Asupan cairan yang mencukupi membantu melancarkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam rahim untuk diterima janin.

Selain itu, mengapa pola hidup sehat dengan rajin minum air putih juga bisa meningkatkan sistem imun ibu hamil dan mencegah berbagai macam masalah kesehatan. Mulai dari dehidrasi, kelelahan, anemia, sembelit, wasir, dan infeksi saluran kencing.

6. Jauhi Stress

Stress berat yang mengganggu pikiran dan batin ibu hamil dapat memengaruhi perkembangan bayi di dalam kandungan. Untuk itu, cobalah cari tahu dulu apa yang menyebabkan Anda stress. Curahkan uneg-uneg Anda mengapa hal itu membuat stress di secarik kertas.

Setelahnya, Anda bisa mencoba teknik pernapasan dalam atau meditasi untuk menghilangkan stress. Sempatkanlah waktu untuk melakukan hal yang Anda suka agar tidak stress selama hamil. Jika stress Anda tidak tertahankan, carilah terapis atau psikolog untuk membantu Anda.

7. Tidur yang Cukup

Salah satu bagian penting dari pola hidup sehat ibu hamil yang sering terlupakan adalah cukup tidur. Calon ibu setidaknya harus tidur delapan jam setiap malam. Namun, Anda akan lebih mudah ngantuk di siang hari tapi sulit tidur di malam hari akibat perubahan hormon.

Masalah hamil ini kemudian membuat Anda jadi kurang tidur akibat jadwal tidur yang tidak menentu. Parahnya lagi, kurang tidur selama kehamilan dikaitkan dengan komplikasi seperti preeklampsia dan dan berisiko lahir caesar.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa tips menjaga kesehatan ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Dengan menjalani pola hidup sehat, tentu saja kesehatan ibu hamil dan janin bisa terjaga dengan baik. Simak berbagai informasi terkait ibu hamil serta aqiqah di aqiqah Purwokerto.

Open chat