Kambing identik dengan pelaksanaan aqiqah. Saat melaksanakan Aqiqah tentu mengkonsumsinya karena termasuk sunnah. Sehingga mengetahui manfaat daging kambing jika dikonsumsi diperlukan. Menurut fiqih aqiqah dalam islam Kambing salah satu hewan yang paling dianjurkan. Setiap seorang bayi perempuan mengaqiqahkan satu ekor kambing dan seorang bayi laki-laki mengaqiqahkan dua ekor kambing. Berikut pedoman aqiqah dalam islam seputar hewan kambing :

1. Jenis Hewan Aqiqah

Setelah mengetahui jumlah hewan aqiqah untuk anak yang baru lahir, berikutnya mengetahui apa saja jenis hewan yang diperbolehkan untuk aqiqah. Hewan yang disembelih saat aqiqah bisa berupa kambing maupun domba, untuk jenis kelamin dari hewan tersebut tak dipermasalahkan baik jantan ataupun betina.

Pernyataan sama juga diungkapkan oleh Aisyah R.A yang berkata “Nabi SAW memerintahkan mereka agar disembelihkan aqiqah dari anak laki-laki dua domba yang sepadan dan dari anak perempuan satu ekor.” (Shahih riwayat At Tirmidzi).

Masih ada beberapa ketentuan lainnya yang perlu diketahui untuk syarat hewan untuk aqiqah. Ada beberapa poin yang harus dipenuhi saat memilih hewan untuk aqiqah si kecil. Hal ini tak sesulit yang dipikirkan. Untuk mengetahui lebih lanjut, maka tetap mengikuti penjelasan artikel ini hingga selesai dan tuntas.

2. Syarat Hewan Untuk Aqiqah Si Kecil

Mengenai syarat hewan aqiqah untuk bayi yang baru lahir, jenis hewan yang diperlukan untuk aqiqah berasal dari mamalia kecil seperti kambing dan domba. Untuk kategori kelamin kambing abik jantang maupun betina sama saja tidak menjadi masalah. Umur hewan untuk aqiqah sama dengan ketentuan hewan qurban, dengan domba maupun biri-biri cukup satu tahun.

Manfaat Daging Kambing

Jika Anda akan melaksanakan aqiqah bagi sang buah hati, jasa aqiqah Purwokerto akan membantu mengurus perihal hewan aqiqah Anda. Namun tidak ada salahnya untuk mengetahui manfaat yang terdapat jika mengkonsumsi daging kambing bagi kesehatan tubuh.

Menurut situs pengawas makanan Amerika, USDA, setiap 100 gram daging kambing mengandung 27 gram protein, 143 kkal kalori, lemak cukup rendah sebesar 3 gram, namun kandungan kolesterolnya tinggi, yaitu sebesar 75 mg.

Kambing Aqiqah, sumber : FIF Group
Kambing Aqiqah, sumber : FIF Group

Selain itu, seperti halnya daging sapi, daging kambing mengandung zat besi, vitamin B12, fosfor dan selenium. Setelah mengetahui kandungan nutrisi dalam daging kambing, berikut beberapa manfaat daging kambing.

  1. Sumber energi yang besar untuk aktivitas sehari-hari
  2. Pembentukan otot, kandungan protein di dalamnya sangat penting untuk pembentukan otot dan pertumbuhannya.
  3. Mencegah anemia, hal ini disebabkan karena daging kambing mengandung zat besi yang besar.
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan zat besinya yang tinggi, mencapai 100 gram memenuhi 26% kebutuhan zat besi harian, yang bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh.
  5. Antioksidan, kandungan seleniumnya yang besar, 38 mg atau 54% kebutuhan harian tubuh merupakan antioksidan.
  6. Menjaga kesehatan mata, kandungan vitamun B2 atau riboflavin sebesar 0.3 mg atau 18% dari kebutuhan harian penting untuk menjaga kesehatan mata.
  7. Menjaga sistem saraf, kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi baik untuk menjaga sistem saraf Anda.
  8. Kesehatan tulang, kandungan phosphorus yang besar, 272 mg atau 27% dari kebutuhan harian bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Nilai Gizi Daging Kambing

Karena merupakan sunnah aqiqah, maka hewan kambing lebih menjadi anjuran untuk menjadi hewan aqiqah. Namun menarik untuk diketahui kandungan gizi yang terdapat pada kambing. Agar dapat memahami manfaat serta waspada apabila terdapat hal yang negatif bagi tubuh kita.

1. Lemak dan Kalori

Ketika bicara tentang lemak, daging kambing jauh lebih “bersih” dibanding daging lainnya. Daging ini juga punya kalori yang jauh lebih rendah. Daging merah seperti daging sapi ternyata memiliki lebih banyak lemak jenuh yang berpotensi menyebabkan kolesterol dibanding daging kambing.

Mengutip Live Strong, setiap tiga ons daging kambing mengandung 122 kalori, sedangkan daging sapi 179 dan daging ayam 162 kalori. Untuk urusan lemak, per tiga ons daging kambing memiliki total lemak 2,6 gram, sedangkan daging sapi 7,9 gram dan daging ayam 6,3 gram.

2. Lemak Jenuh

Harvard School of Public Health merekomendasikan untuk menghindari daging merah karena kandungan lemak jenuh yang tinggi dan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Namun kenyataannya, daging kambing memiliki 0,79 gram lemak jenuh per sajian. Jumlah ini lebih ringan dibanding dengan daging sapi (3,0 gram) dan daging ayam (1,7 gram).

3. Zat Besi

Daging kambing memiliki zat besi yang lebih tinggi dibanding daging ayam. Zat besi adalah nutrisi penting untuk manusia, khususnya wanita. Kekurangan cadangan zat besi diketahui bisa menyebabkan orang mengalami anemia.

Menu Masakan Kambing, sumber ig : bbq_im_spless
Menu Masakan Kambing, sumber ig : @bbq_im_spless

4. Protein

Daging ini juga tinggi kandungan proteinnya. Nilai protein daging kambing adalah 23 gram per porsi. Nilai ini tak jauh berbeda dengan nilai protein daging ayam dan sapi yaitu 25 gram per porsi. Protein dengan kadar tertentu berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Selain itu dapat membantu pertumbuhan janin.

5. Vitamin

Daging kambing memiliki banyak vitamin, salah satunya vitamin B yang dikenal bisa membantu pembakaran lemak. Selain itu, ada juga kandungan vitamin B12 yang dikenal bisa membuat kulit jadi lebih sehat.

6. Kolesterol

Dengan nilai gizi daging kambing yang lebih tinggi, nilai kolesterol daging kambing yang biasa dimakan saat Idul Adha ini ternyata cenderung rendah. Kolesterol kambing per 3 ons adalah sekitar 63,8 miligram Sedangkan daging ayam mengandung 76 miligram per tiga ons.

Hanya saja, di samping aneka manfaat daging kambing, Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsinya, jangan berlebihan. Sebab, kolesterol yang terkandung di dalamnya termasuk tinggi.

Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda. Simak berbagai informasi aqiqah lainnya di halaman padiaqiqah.com.

Open chat