Aqiqah merupakan suatu ibadah yang dilaksanakan dengan menyembelih hewan qurban sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas kelahiran anak. Pelaksanaan aqiqah menurut syariat Islam apabila yang dilahirkan adalah bayi laki-laki maka dibutuhkan 2 ekor kambing. Untuk anak perempuan 1 ekor kambing. Meskipun begitu, aqiqah diberlakukan bagi yang mempunyai kemampuan saja. Diperlukan banyak hal persiapan aqiqah agar ibadah aqiqah dapat berjalan dengan lancar.

Pelaksanaan ibadah aqiqah disunahkan pada hari ketujuh kelahiran bayi sebagaimana berpatokan pada hadits berikut, “Setiap anak itu tergadai dengan hewan aqiqahnya, disembelih darinya pada hari ke tujuh, dan dia dicukur, dan diberi nama.” (HR. Imam Ahmad dan Ashhabus Sunan, dan dishahihkan oleh At Tirmidzi)

Apabila tidak sempat melaksanakannya pada hari ketujuh, maka bisa diganti pada hari ke empat belas. Dan bila tidak bisa hari ke empat belas, bisa pada hari keduapuluh satu. Tetapi bila tidak bisa dilakukan di hari-hari tersebut, tidak masalah dilakukan di hari lain karena hari-hari tersebut merupakan hari yang disunnahkan.

Persiapan Aqiqah

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum aqiqah dan penjelasan tentang persiapan aqiqah yang perlu diperhatikan

1. Membuat Rencana Anggaran

Ilustrasi Rencana Anggaran
Ilustrasi Rencana Anggaran, Sumber : FI Group

Untuk dapat merencanakan anggaran dengan baik, maka ada baiknya Anda merencanakan detailnya dengan membuat jadwal penyelenggaraan aqiqah. Anda bisa merencanakannya melalui hari perkiraan lahir bayi.

Acara Aqiqahyang sesuai anjuran agama Islam, dianjurkan untuk dilaksanakan pada hari ke-7, ke-14 dan ke-21 setelah kelahiran. Atau bisa juga di hari yang lain, selama si anak belum melewati masa baligh-nya.

Dengan merencanakan tanggal pelaksanaan aqiqah, maka Anda pun akan lebih mudah untuk menjabarkan keperluan lain. Dengan begitu, Anda akan lebih mungkin memenuhi anggaran biaya yang Anda perlukan, karena ada jangka waktunya.

2. Memilih Lembaga Aqiqah

Kebanyakan orang kalau untuk urusan aqiqah akan mempercayakan kepada lembaga aqiqah di sekitaran domisili. Hal ini akan lebih mudah dan praktis serta tidak keluar dari koridor syar’i. Tetapi hal yang paling penting diperhatikan adalah kualitas masakan dan teknis pelaksanaan ibadah aqiqah dari lembaga tersebut.

Meskipun begitu, walaupun lebih ribet di beberapa wilayah pedesaan masih dijumpai pelaksanaan aqiqah dilaksanakan pihak keluarga dibantu oleh kerabat dan tetangga mulai dari membeli kambing sampai mendistribusikan ke tetangga. Hal ini dikarenakan masih lekatnya budaya kekeluargaan dan gotong-royong di pedesaan.

3. Menetukan Konsep Pelaksanaan

Untuk memandu pelaksanaan aqiqah perlu dipersiapkan seorang Ustadz. Anda bisa membuat janji dengan salah satu ustadz atau bisa juga dengan mencari lembaga aqiqah yang sudah menyediakan fasilitas ustadz dalam paket aqiqahnya. Disarankan juga untuk mencari ustadz yang bersahaja dan disenangi banyak jamaah.

4. Menyiapkan Alat Cukur Rambut

Ilustrasi Pelaksanaan Aqiqah
Ilustrasi Pelaksanaan Aqiqah, Sumber : Damainesia

Dalam acara aqiqah akan dibarengi dengan mencukur rambut bayi. Hal ini dilakukan secara simbolis saja, jadi bisa dicukur sedikit atau semuanya sampai botak. Peralatan yang perlu dipersiapkan antara lain, gunting dengan hiasan pita, atau mesin cukur dan tempat menyimpan rambut dari batok kelapa atau nampan.

Gunting atau alat cukur rambut yang Anda pilih bisa yang berbahan stainless steel. Bahan ini dikenal anti karat sehingga bisa lebih nyaman dalam penggunaannya. Tidak hanya itu, bahan stainless steel biasa juga digunakan untuk perabotan rumah tangga sampai keranda jenazah.

5. Menyiapkan Sound System dan Dekorasi

Kalau Anda mengundang banyak orang maka perlu dipersiapkan tenda dan sound system. Tak lupa juga menyiapkan dekorasi rumah agar acara aqiqah lebih seru. Misalnya dengan menyiapkan dekorasi dengan tema hijau dengan hiasan bunga-bunga seperti taman syurga. Masih banyak inspirasi dekorasi lain yang mudah Anda pelajari di berbagai sumber.

6. Menyiapkan Box Bayi

Dalam acara aqiqah, setiap tamu tentu ingin melihat bayi yang di aqiqah. Untuk itu perlu menyediakan box bayi yang telah dihias sebelumnya agar bayi merasa nyaman dan tamu undangan pun mudah melihatnya. Agar lebih irit budget, Anda bisa menyewa box bayi punya teman atau tetangga.

7. Membuat Undangan dan Olahan Makanan

Menu Masakan Kambing, sumber ig : lakhbirsinghchahal
Menu Masakan Kambing, Sumber ig @lakhbirsinghchahal

Undangan sebagai salah satu persiapan untuk acara aqiqah. Untuk desainnya sendiri bisa disesuaikan dengan tema dekorasi. Undangan bisa disebar dalam bentuk e-card agar lebih hemat biaya. Untuk urusan makanan pastikan makanan olahan kambing seperti gulai dan sate terhidang secara rapi dan bersih.

Untuk olahan makanan tidak melulu harus dalam bentuk gulai, bisa juga membuat makanan aqiqah dengan citarasa tradisional. Jadi , Andabisa berkreasi dengan menu. Selain itu, bisa dilengkapi dengan menu pendamping lain seperti nasi kuning, bakso atau soto. Tak lupa juga bagi tuan rumah yang ingin menghidangkan makanan penutup bisa menambahkan menu seperti es buah atau minuman dingin.

Demikianlah ulasan mengenai persiapan aqiqah yang bisa menjadi referensi bagi Anda untuk melaksanakan aqiqah si buah hati. Jangan lupa untuk berkonsultasi pada jasa aqiqah perihal tentang penyembelihan dan masakan daging kambing aqiqah.

Bagi Anda yang berdomisili di Purwokerto dan sekitarnya, bisa datang ke Padi Aqiqah. Yang nantinya akan memberikan penjelasan lebih rinci untuk peringatan aqiqah yang akan dilaksanakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Open chat