kelahiran merupakan waktu yang ditunggu tunggu oleh ibu hamil. Namun waktu kelahiran biasanya sudah bisa diperkirakan dan ibu hamil tinggal menunggu sembari mempersiapkan segala seasuatu termasuk menjaga kesehatan ibu hamil. Namun tahukah anda bahwa ibu hamil bosa mengsahakan untuk mempercepat kelahiran dengan melakukan teknik atau terapi tertentu ?

Jika si kecil terlahir pada waktu yang tepat tentu ibu hamik merasasenang karena perjuangannya selama kurang lebih sembilan bulan terbayar sudah. Namun apa jadinya jika bayi belum juga menampakkan tanda tanda untuk lahir sedangkan sudah saatnya lahir menurut perhitngan waktu? Biasanya ibu hamil akan mempercepat kelahiran bati dengan segala cara, karena bayi yang terlalu lama di kandungan akan menjadi berbahaya.

Cara Mempercepat Kelahiran Menurut Medis

Jangan khawatir apabila si kecil belum menampakkan untuk lahir meskipun sudah pada waktunbya. Ada yang bisa dilakukan oleh ibu hamil ketika bayi belum juga lahir meskipun menurut perhitungan seharusnya bayi sudah lahir. Cara cara di bawah ini terukti cukup efektif dan juga aman.

Mempercepat Kelahiran
Setiap Ibu menginginkan bayinya segera lahir tepat waktu. Sumber Unsplash

1. Jalan Santai

Melakukan jalan santai di pagi hari ternyata bisa memicu kelahiran dengan segera. Namun anda harus melakukannya hanya dengan jalan santai, bukan berlari apalagi melompat. Anda bisa melakukannya di jarak dekat di sekitar tempat tinggal anda. Memang di kehamilan trimester ketiga, melakukan apapun akan terasa malas. Namun sebaiknya anda hilangkan bayangan tersebut.

Diabetes tipe-2 yang biasanya terjadi selama hamil menjadikan kadar gula menjadi tinggi. Dengan berjalan santai ternyata bisa membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga mengurangi risiko diabetes gestasional tersebut. Selain itu wanita dengan tekanan darah tinggi cenderung mengalami komplikasi yang disebut pre-eklampsia, di mana persalinan prematur sering terjadi. Dengan melakukan jalan kaki bisa menjaga kadar kolesterol darah, sehingga tekanan darah bisa terjaga dengan baik.

banner iklan promo paket aqiqah spesial dari Padi Aqiqah

2. Senam Hamil

Dengan melakukan gerakan ringan dan sederhana juga bisa mempercepat kelahiran bayi. Anda bisa melakukan gerakan kegel, gerakan jongkok, gerakan bersila dan sebagainya. Gerakan tersebut bisa anda cari di YouTube untk mendapatkan panduannya. Namun anda tidak disarankan untuk melakukan senam hamil apabila dokter melarangnya.

Selain itu bagi inu hamil yang pernah mengalami riwayat melahirkan secara prematur tidak disarankan untuk melakukan senam hamil secara intensif. Vegitu juga dengan ibu hamil yang mengandung anak kembar dan juga ibu hamil yang mengalami kelainan dalam kehamilan yang bnantinya bisa membahayakan janin dan kehamilan apabila melakukan gerakan senam hamil.

3. Berhubungan intim

keberadaan zat prostaglandin yang terkandung dalam sperma ternyata dapat memicu kontraksi. Karena itulah untuk merangsang agar bayi yang ada di dalam kadungan untuk segera keluar adalah dengan cara bersenggama. Akan tetapi karena di usia kehamilan yang sudah cukup maka perut dari ibu hamil sudah membesar. Hal tersebut tentu akan mengganggu untuk melakukan gubungan intim.

Untuk mengatasinya, maka lakukan hubungan intim dengan gaya yang berbeda seperti biasanya. Anda bisa memperkirakan sendiri bagaimana posisi berhubungan intim agar tidak menindih perut yang ada janinnya. Posisi yang direkomendasikan adalah posisi pria yang ada di bawah atau women on top. Bisa juga dengan posisi berdiri jika memungkinkan.

4. Merangsang Puting

Seperti halnya zat prostaglandin hormon yang disebut oksitosin berperan dalam memicu kontraksi, sehingga persalinan dapat segera dimulai. Untuk memaccuk tumbuhnya hormon tersebut juga cukup mudah. Anda tinggal merangsang putting payudara dengan cara memegang dan mengelusnya. Tentu hal ini lebih aman daripada harus melakukan hubunga intim.

Meskipun langkah mempercepat kelahiran ini mudah di lakukan dan aman, akan tetapi dalam elakukannya sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Jika anda melakukan rangsangan dengan terlalu besar, maka akan membahayakan bayi ketika berkontraksi karena hormon tersebut berpengaruh dalam kontraksi sebelum proses kelahiran.

Mempercepat Kelahiran
Bayi lahir. Sumber Pexels

5. Pemijatan

Pijat khusus pada ibu hamil dapat membantu mengurangi rasa cemas, nyeri, dan merelaksasi tubuh. Selain itu, pijatan juga dapat membantu merangsang persalinan. Karena itu bagi ibu hamil yang belum menanmpakkan tanda-tanda kontraksi namun menurut prediksi sudah masuk dalam waktu kelahiran maka bisa melakukan pemijatan ini. Anda bisa mendatangi tukang pijat yang mengetahui permasalahan ini. Pijatan di titik akupresur tertentu, seperti pada telapak kaki, betis, telapak tangan, tumit, dan panggul, dipercaya bisa membantu mempercepat persalinan.

Untuk melakukan aktiifitas yang mampu mempercepat persalinan sebaiknya tidak dilakkan dengan tanpa panduan. Lebih amannya, sebaiknya anda berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan yang anda percaya, karena bisa jadi anda tidak diperbolehkan untuk melakukan berbagai aktifitas karena ada masalah kesehatan kandungan lainnya.

Biasanya jika janin tidak segera keluar, maka pihak dokter atau rumah sakit akan melakukan rangsangan agar bayi bisa keluar. Rangsangan tersebut bisa berupa obat-obatan atau bisa juga menggunakan peralatan. Untuk masalah kelahiran bayi, apalagi kelahiran bayi pertama anda harus dipersiapkan dengan baik, untuk awiwahnya anda bisa mempercayakan kepada penyedia layanan jasa aqiqah seperti Padi Aqiqah yang melayani aqiqah di beberapa kota Jawa Tengah seperti latanan aqiqah Cilacap, aqiqah Kebumen dan sebagainya.

Open chat