Banner Promo Aqiqah Akhir Tahun

Bagi calon ibu yang sedang mengandung, kemungkinan akan mengalami morning sickness. Apa itu morning sickness? Morning sickness adalah kondisi mual dan muntah pada ibu hamil di awal kehamilannya. Biasanya ibu hamil akan mengalami kondisi pada saat trimester pertama, namun tidak jarang juga ada yang mengalaminya selama hamil. Lalu bagaimana cara menangani morning sickness?

Tidak jarang sebagian ibu muda yang baru mengalami kehamilan menanyakan apakah morning sickness terjadi setiap hari? Jawabannya sangat bervariatif, karena ada yang mengalaminya setiap hari, ada juga yang mengalaminya kadang-kadang, bahkan ada yang tidak mengalaminya selama proses kehamilan. Meskipun namanya morning sickness, namun kondisi ini tidak hanya terjadi pada saat pagi saja.

Ada beberapa ibu hamil yang mengalaminya saat siang hari, sore hari, bahkan malam hari. Tetapi memang pada umumnya kondisi mual dan muntah pada ibu hamil ini terjadi pada pagi hari. Jadi setelah Anda menikah dan melakukan program kehamilan, Anda harus sudah mempersiapkan berbagai kemungkinan yang terjadi saat hamil hingga menjelang persalinan kelak.

Cara menangani morning sickness, Sumber: klikdokter.com
Cara menangani morning sickness, Sumber: klikdokter.com

Ciri-Ciri Morning Sickness

Sebelum membahas bagaimana cara menangani morning sickness, Anda perlu mengetahui beberapa gejala dari morning sickness tersebut. Meskipun nantinya gejala pada setiap ibu hamil bisa berbeda-beda, namun biasanya ada beberapa gejala yang umum terjadi pada ibu hamil. Berikut beberapa ciri dari morning sickness yang umum terjadi pada awal kehamilan.

Mual yang Muncul dan Hilang

Biasanya rasa mual ini akan muncul saat pagi hari, Anda akan merasa mual saat mencium bau-bau yang menyengat. Namun setelah beberapa waktu rasa mual inipun hilang. Perlu Anda waspadai jika rasa mual yang Anda rasakan terus-menerus terjadi dan tidak berhenti. Bisa jadi Anda mengalami hiperemesis gravidarum.

Hiperemesis gravidarum merupakan kondisi mual dan muntah secara berlebihan dan berbeda dengan morning sickness. Kondisi hiperemesis gravidarum bisa menjadi masalah yang membahayakan kehamilan. Jika Anda mengalami rasa mual yang berlebihan dan tidak berhenti, bisa jadi Anda mengalami hiperemesis gravidarum. Segera periksa ke dokter jika Anda merasakannya ya, supaya kehamilan tetap aman.

Baca juga: Cara Merawat Tali Pusar Bayi Baru Lahir

Terjadi Saat Awal Kehamilan

Morning sickness pada ibu hamil biasanya sering terjadi pada saat awal kehamilan atau pada trimester pertama. Namun ada juga yang mengalami kondisi ini hingga trimester kedua, bahkan selama kehamilan juga ada yang mengalami morning sickness.

Kondisi Tubuh Tetap Bugar

Meskipun terkadang mengganggu aktivitas karena tidak nyaman, namun morning sickness tidak membuat tubuh Anda lemas. Anda bisa tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya. Tetapi jika Anda merasa badan lemas saat mengalami mual, bisa saja menjadi pertanda bahwa Anda mengalami hiperemesis gravidarum.

Baca juga: Mempercepat Kelahiran Menurut Saran Medis

Berat Badan Tidak Turun Drastis

Ibu hamil yang mengalami morning sickness biasanya membuat nafsu makan berkurang. Meskipun berkurang, namun masih ada makanan dan minuman tertentu yang bisa dikonsumsi. Jadi wajar saja jika berat badan tidak menurun atau hanya menurun sedikit.

Ibu hamil, Sumber: news.detik.com
Ibu hamil, Sumber: news.detik.com

Cara Menangani Morning Sickness

Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri dari morning sickness, sekarang Anda perlu mengetahui bagaimana cara menangani morning sickness. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menangani kondisi mual dan muntah pada ibu hamil (morning sickness).

  • Obat untuk mengatasi morning sickness secara alami ialah dengan memilih makanan yang tinggi protein dan karbohidrat, namun mudah dicerna. Misalnya saja mengonsumsi susu, yoghurt, keju, hingga apel.
  • Makan roti atau biskuit saat sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Naiknya asam lambung juga bisa memicu morning sickness terjadi. Jadi usahakan setelah bangun tidur di pagi hari, Anda memakan roti atau biskuit. Paling tidak jangan biarkan perut Anda kosong.
  • Selama hamil Anda tidak boleh merasakan stress, apalagi di awal kehamilan. Stress dapat memicu mual, oleh sebab itu Anda bisa melakukan meditasi untuk menghilangkan rasa stress akibat kehamilan.
  • Saat awal kehamilan, tentu saja tubuh akan mengalami kondisi yang berbeda. Sehingga wajar saja jika Anda sering merasa cepat lelah. Oleh karena itu, selama proses kehamilan ini Anda perlu memiliki waktu yang cukup untuk istirahat.
  • Cara menangani morning sickness selanjutnya ialah dengan mengonsumsi jahe. Anda bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung jahe di dalamnya untuk mengurangi rasa mual yang Anda alami.
  • Biasanya ibu hamil cenderung lebih mudah lapar, jadi makanlah dengan porsi yang sedikit demi sedikit namun dalam waktu yang berdekatan. Hindari makan terlambat dan makan dalam jumlah yang besar sekaligus. Hal tersebut dapat memicu rasa mual semakin menjadi-jadi.
  • Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang membuat Anda mual. Seperti bau-bauan dari makanan yang menyengat juga perlu Anda hindari, supaya Anda tidak merasakan mual dan muntah.
  • Alihkan pikiran dengan melakukan beragam aktivitas yang menyenangkan. Biasanya ibu hamil terlalu memikirkan morning sickness, dan membuatnya semakin mual. Jadi untuk mengalihkannya Anda bisa melakukan aktivitas yang Anda sukai.
  • Konsumsilah makanan sehat yang mengandung vitamin B6. Misalnya saja dengan mengonsumsi makanan dari biji-bijian utuh atau kacang-kacangan. Selain itu Anda juga bisa jalan-jalan untuk menghirup udara segar, tidak lupa untuk menghindari asap rokok ya.
Morning sickness saat hamil, Sumber: umma.id
Morning sickness saat hamil, Sumber: umma.id

Sedikit informasi untuk Anda yang sedang menunggu kelahiran buah hati dan sudah mulai memikirkan perihal aqiqah, maka bisa menghubungi Padi Aqiqah. Kami merupakan layanan paket aqiqah Purwokerto yang siap melayani Anda dengan sepenuh hati. Selain Purwokerto, kami juga melayani jasa aqiqah Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, Kebumen, hingga Banyumas.

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi nomer yang ada di laman website kami. Terima kasih telah membaca artikel di atas mengenai bagaimana cara menangani morning sickness. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Nantikan artikel menarik lainnya dari kami yang bisa anda temukan di laman website Padi Aqiqah.

Open chat