Sebelum bayi yang dikandung ibu hamil lahir di dunia, tentu sebuah keluarga terutama ayah sebagai kepala keluarga akan berupaya mempersiapkan segalanya untuk kelahiran sang buah hati. Mulai dari persiapan biaya kelahiran, persiapan aqiqah dan juga persiapan perlengkapan bayi. Hal yang paling utama dari penyambutan sang buah hati adalah proses kelahirannya. Karena itulah pada proses kelahiran akan dipilih metode persalinan yang terbaik dan sesuai dengan kondisi ibu hamil.

Proses Persalinan

Metode Persalinant
Bayi Yang Baru Lahir, sumber ig lieblingsmensch_frankfurtMetode PersalinanBayi Yang Baru Lahir, sumber ig lieblingsmensch_frankfurt

Proses persalinan merupakan proses yang mendebarkan. Dimana seorang ibu harus bertaruh nyawa untuk mengeluarkan si buah hati dari dalam rahimnya. Karena itulah seorang suami atau ayah dari anak yang dikandungnya harus benar-benar mempersiapkan segalanya untuk menyambut segala kemungkinan yang terjadi.

Untuk mengurangi resiko terburuk dari suatu proses persalinan, maka para ahli mengemukakan beragam metode yang tepat dan aman agar proses persalinan berlangsung lancar. Terkadang persalinan menjadi bermasalah karena adanya masalah internal dari ibu hamil yang sebenarnya bisa dicegah dari awal.

Masalah yang timbul seperti adanya tekanan darah tinggi secara tiba-tiba, adanya kadar gula yang naik secara tiba-tiba dan sebagainya bisa dikarenakan kepanikan dari ibu hamil. Selain itu kekurangan mineral yang terkandung dalam tubuh dapat memperburuk proses kelahiran. Bahkan manfaat tembaga bagi kesehatan salah satunya adalah mencegah kecacatan.

Karena sangat penting, mineral yang terkandung dalam tubuh harus seimbang. Karena itu untuk mengatasi hal yang dapat memperburuk proses persalinan yang datangnya secara tiba-tiba diperlukan treatmen khusus agar fisik dan psikis menjadi kuat dalam menghadapi persalinan.

Metode Persalinan

Pada artikel kali ini, Padi Aqiqah yang merupakan penyedia jasa aqiqah Purwokerto akan memberikan ulasan mengenai beberapa treatmen khusus persalinan. Treatmen khusus ini yang biasanya dikenal dengan metode persalinan, yang dipakai untuk memperlancar proses kelahiran. Metode persalinan apapun yang anda putuskan, tetap harus melakukan persiapan baik mental, fisik dan dana yang cukup untuk menyambut si buah hati. Inilah beberapa metode persalinan yang bisa anda jadikan referensi saat persalinan.

1. Persalinan Maryam

Konsep melahirkan ala Maryam disinyalir menjadikan proses melahirkan menjadi lebih mudah, tidak terlalu sakit, dan tanpa robekan. Teknik ini mulai berkembang sejak 2012. Persalinan Maryam lebih ke persiapan psikis dan fisik ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Kelebihannya adalah dengan metode ini posisi melahirkan bisa dipilih sesuai dengan yang diinginkan, karena biasanya proses persalinan hanya dilakukan dengan berbaring.

Untuk melatih fisik dari ibu hamil maka akan dilakukan senam Maryam yang diilhami dari gerakan sholat. Sedangkan untuk persiapan psikis lebih menonjolkan motivasi dan memberikan sugesti kepada ibu hamil agar tidak perlu mengkhawatirkan rasa sakit. Karena itu setiap ibu hamil memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga harus ada tratmen sesuai dengan kebutuhannya.

Yang menjadi kelebihan dari metode ini adalah karena tidak mengintervensi kandungan dan bersifat memberikan sugesti agar ada upaya menjaga kesehatan ibu hamil, olahraga, dan memperkuat kondisi emosi dan mental sehingga metode ini cukup aman.

2. Persalinan Dalam Air

Saat ini banyak rumah sakit yang sudah menyediakan layanan persalinan dalam air atau dijkenal dengan istilah water birth. Melahirkan dengan water birth merupakan melahirkan di dalam air yang memiliki suhu sama dengan suhu tubuh ibu yang melahirkan. Water birth dilakukan di rumah dengan bantuan tenaga medis yang berpengalaman. Dengan persalinan seperti ini, ibu hamil akan berkurang rasa sakitnya selama proses persalinan.

3. Persalinan Dirumah

Jika ibu hamil memiliki riwayat kesehatan yang bagus, sudah pernah melahirkan sebelumnya dan tidak melahirkan anak kembar maka bisa mencoba metode persalinan ini. Metode persalinan ini merupakan persalinan normal yang dilakukan dirumah atau populer dengan Home Birth.

Yang menjadi catatan selanjutnya adalah ketika proses persalinan harus didampingi orang yang benar-benar berpengalaman dalam menangani persalinan. Selain itu perlu persiapan kendaraan apabila di dalam prosesnya terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Persalinan Hypno Birth

Metode Hypno Birth adalah metode persalinan dengan menghipnosisi diri sendiri dengan memusatkan konsentrasi penuh dan kontrol atas tubuh sendiri pada saat proses persalinan. Rasa sakit dan juga stress akan berkurang dengan melakukan theapy ini. Karena rasa sakit dan stress bisa di kontrol melalui proses self-hypnosis.

Kursus self-hypnosis biasanya mulai dilakukan setelah memasuki kehamilan trimester ketiga atau saat kandungan berusia 25-29 minggu. Sugesti menjadi senjata utama untuk melalui proses persalinan ini. Untuk memanfaatkan sugesti tersebut bisa menggunakan bantuan musik, video, pemikiran dan kata-kata. Sehingga ketika proses persalinan, tubuh benar-benar dalam kondisi rileks dan tenang.

5. Persalinan Akupuntur

Akupuntur yang selama ini dikenal sebagai metode penyembuhan alternatif, namun ternyata mampu membantu proses persalinan. Pasien yang sedang bersalin dengan menerima akupuntur dapat mengendalikan rasa sakit dengan lebih baik tanpa meminta obat bius. Selain itu berdasarkan penelitian lainnya akupuntur mampu membalikkan posisi bayi yang sungsang dan bisa mempercepat proses persalinan segera setelah air ketuban pecah.

6. Persalinan Posisi Berdiri

Metode Persalinan
Persalinan adalah hal yang menegangkan. Sumber Unsplash

Mungkin metode persalinan seperti ini kurang begitu populer di Indonesia. Persalinan dengan posisi berdiri atau sedikit mencondongkan diri ke depan adalah posisi melahirkan yang cukup membantu mengurangi rasa sakit pada saat proses persalinan. Posisi ini juga mempermudah untuk beradaptasi dengan kontraksi yakni dengan cara saat kontraksi datang ibu hamil bisa berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan berpegangan ke tiang ranjang dengan badan condong ke depan.

Itulah beberapa metode persalinan yang populer. Anda bisa menentukan metode mana yang tepat bagi anda untuk proses persalinan buah hati anda. Semoga artikel ini memberikan informasi bermanfaat untuk anda dan jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang bayi tabung menurut syariat Islam. Terima kasih.

Open chat