Indonesia yang memiliki bermacam-macam kebudayaan dan adat istiadat ternyata juga memiliki berbagai macam olahan khas yang lezat. Salah satu olahan masakan khas Indonesia yang lezat adalah olahan daging kambing populer di Nusantara. Meskipun di Indonesia banyak sekali binatang yang bisa di olah, namun kambing memiliki citarasa yang lebih mengena di lidah orang Indonesia.

Mengapa harus kambing?

Itu adalah pertanyaan yang bagus. Memang kambing dibanding dengan binatang lainnya seperti sapi, domba atai kerbau memiliki ciri khusus yang mempengaruhi citarasa masakan olahannya. Selain manfaat mengkonsumsi daging kambing sangat bagus bagi kesehatan, daging kambing memiliki aroma khas yakni aroma prengus yang ternyata mampu mempengaruhi citarasa olahannya.

Kelenjar bau yang berada di dekat ekor ini mampu memberikan aroma yang khas pada seluruh tubuh kambing, mulai dari bulunya hingga daging. Meskipun jika diolah dijadikan masakan bau prengus tersebut sebisa mungkin di kurangi, namun jka bau prengus itu benar-benar hilang maka citarasa khas daging kambing juga akan menghilang.

Olahan daging kambing populer

Banyak sekali varian olahan kambing yang bisa anda temukan di berbagai warung kuliner has kambing di seluruh nusantara. Namun di bawah ini akan kita bahas mengenai olahan daging kambing yang populer dan familiar di lidah masyarakat Indonesia.

Olahan Daging Kambing Populer
Tongseng kambing. Sumber IG @martinpraja

1. Sate Kambing

Sate merupakn masakan yang umum ada di berbagai belahan dunia. Jika di luar memiliki nama lain maka di Indonesia masakan yang pengolahannya dengan ditusuk dan di panggang dilabeli dengan nama sate. Olahan kambing tidak dirasa lengkap tanpa kehadiran menu sate. Bahkan dimanapun pusat jajanan yang menjajakan kuliner kambing maka bisa dipastikan akan menyedialan menu sate.

Meskipun pengolahannya dengan cara di tusuk dagingnya kemudian di panggang, namun ada berbagai macam varian dari sate. Seperti sate klathak khas Jogja yang memiliki kombinasi bumbu yang minimalis. Meskipun menggunakan sedikit bumbu namun rasa dari sate ini luar biasa. Maka tidak heran jika anda berkunjung ke pusat sate Klathak di Pleret, Bantul, Jogja akan ditemui banyak warung sate klathak dan semuanya ramai pembeli.

2. Gulai Kambing

Gulai juga menjadi menu favorit pada olahan masakan khas dari daging kambing. Terutama saat hajatan yang di selenggarakan masyarakat seperti acara aqiqah. Karena itulah berbagai jasa aqiqah di Indonesiatermasuk Padi Aqiqah yang merupakan penyedia jasa aqiqah Purwokerto dan sekitarnya mempersiapkan layanan dengan menu lengkap termasuk menu gulai kambing.

Selain saat acara aqiqahan, menu gulai kambing akan mudah anda temukan pada saat perayaan Hari Raya Idul Adha di setiap rumah masyarakat muslim Indonesia dimana pada satu hari tersebut kambing dalam jumlah banyak di sembelih dan dagingnya di bagikan kepada masyarakat. Masakan dengan kuah kental dan lezat ini memang kesukaan masyarakat Indonesia.

3. Tongseng kambing

Jika anda berkunjung ke warung sate kambng maka bisa di pastikan disana akan ditemukan juga menu tongseng kambing. Penggemar tongseng di nusantara cukup banyak. Halini dibuktikan dengan adanya menu masakan ini pada tiap acara hajatan yang diadakan oleh masyarakat Indonesia. Tuan rumah yang menyelenggarakan hajatan aqiqah terkadang kuga menggunakan menu ini untuk menjamu tamu undangan.

Tongseng dikenal dengan kuliner yang menggunakan banyak rempah-rempah dan sedikit kuah yang agak kental. Kuliner ini terkenal dengan kelezatannya dan terasa lebih hangat karena banyak terdapat rempah-rempah. Olahan masakan kambing ini seperti halnya kuliner sate akan di sajikan bersama dengan nasi putih hangat dengan irisan bawang merah segar.

4. Tengkleng Khas Solo

Diciptakannya kuliner lezat dari tulang belulang kambing ini bermula pada jaman dahulu pada masa penjajahan. Salah satu kerajaan di Solo dalam mengolah makanan dengan bahan dasar daging kambing selalu meninggalkan sisa tulang belulang dengan sedikit daging kepada para juru masaknya. Dengan sisa tulang sedikit daging tersebut juru masak kerajaan Solo mencari cara bagaimana mengolah sisa tulang belulang ini agar menjadi masakan yang lezat. Maka dibuatlah tengkleng kambing.

Tengkleng merupakan sop tulang kambing yang memiliki citarasa pedas karena menggunakan bumbu rempah yang beraneka ragam. Menu masakan ini populer di daerah Jogja dan Solo. Penggunaan tulang kambing dengan masih adanya daging yang melekat ini ternyata mendapatkan antusiasme di masyarakat. Sampai saat ini banyak sekali warung tengkleng yang bertebaran di Jogja dan Solo juga kota sekitarnya.

Olahan Daging Kambing Populer
Gulai Kambing. Sumber IG @dapurnyanunuk

5. Nasi Goreng Kambing

Nasi Goreng kambing hampir menyerupai menu nasi kebuli yang populer di tanah arab. Meskipun menu ini tidak sepopuler menu lainnya namun menu satu ini menjadi incaran para pecinta kuliner kambing. Keberadaan kuliner ini memang karena pengaruh kedatangan bangsa arab dan sekitarnya yang datang ke Indonesia untuk berdagang.

Sebenarnya banyak sekali varian nasi goreng yang di jajakan warung kuliner di Indonesia seperti nasi goreng ayam, nasi goreng udang dan sebagainya. Namun nasi goreng kambing merupakan kuliner yang spesial. Namun begitu tidak semua orang menyukai nasi goreng kambing di karenakan bau prengus dari olahan kambing ini lebih terasa daripada olahan kambing lainnya.

Itulah ulasan mengenai olahan kambing populer di Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Jangan lupa membaca artikel lainnya yang ada di website ini tentang tips penting untuk menjaga ibu hamil. Terima kasih.

Open chat