Kambing adalah hewan yang dagingnya sangat enak ketika diolah menjadi masakan. Banyak sekali olahan daging kambing populer di Indonesia yang bisa anda caari resepnya di internet. Karena banyaknya penggemar olahan daging kambing, maka banyak terdapat warung kuliner dengan masakan olahan daging kambing.

Salah satu olahan yang saat ini sedang naik daun adalah sate klathak. Selain dijadikan komoditas bisnis kulner sate klathak juga digunakan sebagai menu aqiqah. Menu aqiqah sate klathak mungkin belum begitu familiar, namun bisa dijadikan alternatif.

Penyebab Bau Pada Kambing

Bisanya kambing digambarkan sebagai binatang ternak yang memiliki bau prengus. Ternyata, bagi kambing, bau tubuhnya yang tidak sedap itu justru bermanfaat. Aroma tubuh kambing yang tidak enak akan membantunya untuk menarik lawan jenis.

Aroma prengus yang terdapat pada kambing disebabkan oleh senyawa 4-etiloctanal dan ketika menyebar ke udara, senyawa itu berubahmenjadi asam 4-etiloctanoat. Aroma itu bisa terasa menyengat bagi manusia, bahkan bisa membuat mual.

Cara Menghilangkan Bau Kambing
Bau kambing untuk menarik perhatian beetina. Sumber Unsplash

Terkadang bau menyengat pada kambing masih ada ketika kambing sudah disembelih dan sudah berbentuk onggokan daging. Tentu hal ini akan mengganggu bagi sebagian orang yang tidak menyukai baunya. Meskipun manfaat mengkonsumsi daging kambing bagus untuk vitalitas, namun jika olahannya masih berbau prengus tentu mengurangi selera makan.

Cara Menghilangkan Bau Kambing

Ada beberapa cara menghilangkan bau kambing yang bisa anda lakukan ketika akan mengolah daging kambing. Pastikan anda melakukannya dengan benar agar masakan yang anda buat benar-benar nikmat dan tidak memiliki bau prengus yang menyengat. Inila beberapa cara menghilangkan bau kambing :

1. Beri banyak rempah

Anda bisa menggunakan beragam jenis rempah yang bisa membantu mengusir bau prengus pada daging kambing seperti jahe atau kunyit. Aroma tajam jahe dan kunyit bisa mengurangi bau prengus yang ada pada daging kambing. Fungsi rempah lainnya adalah akan melunakkan daging ketika memasak olahan daging ambing dengan banyak rempah.

2. Lumuri dengan air jeruk nipis

Jeruk nipis memilii aroma segar yang khas. Dengan bahan ini anda bisa mengurangi aroma prengus daging kambing. Caranya cukup mudah, yakni dengan melumuri permukaan daging kambing dengan air perasan jeruk nipis dan diamkan selama 30-60 menit. Setelah itu anda daging kambing anda tidak akan berbau prengus lagi.  

3. Daging jangan dicuci

Mencuci daging kambing dengan air sebelum daging diolah ternyata bisa memperkuat aroma prengus pada daging. Karena itu jangan sesekali mencuci daging kambing mentah dengan air. Jika anda ragu dengan kebersihannya, anda bisa memasukkan daging kambing mentah langsung ke dalam air mendidih. Ketika direbus kotoran dan juga bau akan berkurang. Biarkan sebentar hingga daging mengeluarkan banyak buih lalu angkat daging.

4. Pisahkan lemak

Dengan membuang lemak pada daging kambing, maka bau prengus akan berkurang. Bersihkan lemak yang berbentuk gumpalan tebal yang biasanya menempel pada daging kambing. Agar lebih mudah, masukkan daging ke dalam frezeer. Daging dan lemak akan membeku dan memudahkan untuk memisahkan lemak pada daging.

5. Taburi garam

Cara ini cukup mudah, anda tinggal melumuri permukaan daging dengan garam dan mendiamkannya selama 60 menit. Garam akan meresap dan menetralisir bau darah kambing. Jika sudah melalui proses ini, anda bisa membilas daging kambing dengan air dingin.

6. Lumuri dengan nanas

Selain dapat menghilangkan bau prengus, nanas memiliki khasiyat untuk melunakkan daging kambing. Masukkan potongan daging kambing ke dalam parutan nanas atau bisa juga dengan merendam dengan nanas. Diamkan daging dalam rendaman nanas hingga 15 menit, pastikan semua daging bisa terendam.

7. Bungkus dengan daun  pepaya

Cara menghilangkan bau kambing dengan daun pepaya hanya cukup dengan membungkus daging kambing dengan daun pepaya. Daun pepaya juga mampu melunakkan daging kambing. Sebelumnya cuci bersih daun pepaya atau lap daun dengan menggunakan kain basah. Bungkus daging yang akan dimasak dengan daun pepaya selama beberapa saat.

Cara Menghilangkan Bau Kambing
Pepaya mampu menetralisir bau pada kambing. Sumber Unsplash

8. Rebus dengan lobak

Lobak bisa digunakan untuk menetralisir bau prengus daging kambing. Rebuslah daging bersama beberapa potong lobak secukupnya selama setengah jam sebelum anda mengolah daging untuk dijadikan masakan. Kadar kolin yang tinggi pada daging kambing bisa memicu senyawa pada daging untuk mengeluarkan bau tidak sedap. Sehingga lobak yang memiliki kadar kolin rendah bisa mengurangi bau tidak sedap pada daging dengan cara direbus bersama daging kambing.

9. Rebus dengan kacang hijau

Cara menghilangkan bau kambing ini mungkin kurang begitu dikenal, namun anda bisa mencobanya dirumah. Untuk merebus daging kambing 1 kg diperlukan 5 gram kacang hijau. Setelah daging dan kacang hijau direbus selama 15 menit, angkat dan tiriskan daging, kemudian olah daging sesuai selera dan anda tidak akan menemukan daging yang berbau menyengat.

10. Rebus dengan cuka

Ternyata cuka memiliki kemampuan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Caranya dengan merebus daging kambing bersama laruta cuka. Gunakan cuka 50 gram untuk merebus daging sejumlah 1 kg. Setelah daging selesai direbus, jangan lupa ditiriskan.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau kambing yang bisa kami sampaikan. Untuk anda yang menginginkan menu aqiqah bebas bau prengus, maka percayakan kepada penyedia layanan aqiqah di Cilacap yakni Padi Aqiqah. Padi Aqiqah selain menyediakan layanan aqiqah dengan profesional juga memiliki cabang di berbagai kota seperti Kebumen, Purbalingga, Banjarnegara dan sebagainya.

Open chat