Jika anda akan menyelenggarakan peringatan aqiqah bagi putra-putri anda, anda bisa menyiapkan masakannya sendiri atau dipercayakan kepada penyedia jasa layanan aqiqah. Namun sebenarnya anda bisa menentukan menu masakan apa saja yang akan dimasukkan ke dalam paket nasi box. Pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa contoh masakan yang bisa anda pilih sebagai menu aqiqah sederhana untuk nasi box yang akan anda buat.

1. Nasi

Menu Aqiqah Sederhana
Nasi menjadi menu wajib aqiqah. Sumber Unsplash

Nasi adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari orang Indonesia, karena nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Tanpa nasi, berbagai jenis masakan akan terlihat janggal, meskipun masakan tersebut lezat. Karena itu dalam penataan menu aqiqah sederhana pada nasi box, nasi tentu akan menjadi hal yang wajib keberadaannya.

Anda bisa menambahkan nasi putih biasa, atau menggunakan nasi uduk. Tergantung menu lain yang anda inginkan. Nasi uduk hanya cocok untuk masakan olahan daging kambing yang tanpa kuah seperti steak, rendang atau sate. Untuk olahan daging kambing yang berkuah sebaiknya menggunakan nasi putih biasa.

Ada opsi lain selain menggunakan nasi. Anda bisa menggantinya menggunakan ketupat atau lontong. Makanan pokok yang juga dari beras tersebut juga sebaiknya dipilih menyesuakan menu olahan daging kambingnya. Biasanya penggunaan lontong akan sangat cocok dengan sayur krecek atau menu sate dan saus kacang.

2. Olahan Kambing

Daging kambing memiliki beragam manfaat. Salah satu manfaat mengkonsumsi daging kambing adalah dapat menambah stamina. Namun jika mengkonsumsi berlebihan dan tanpa terkendali dapat membahayakan kesehatan karena daging kambing yang kaya protein juga mengandung lemak dan kolesterol yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Dalam mengolah daging kambing, hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai masih tercium bau prengus yang kuat pada masakannya. Karena itu untuk mengolah daging kambing agar bau prengus kambing berkurang, diperlukan berbagai teknik pengolahan. Dan inilah yang dilakukan oleh penyedia jasa aqiqah Purwokerto, Padi Aqiqah dalam pengolahan masakan aqiqah.

Beragam menu olahan daging kambing bisa dijadikan pilihan. Menu sate, tongseng ataupun gule sudah umum digunakan pada masakan aqiqah. Hal ini dikarenakan masakan tersebut cukup familiar di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu menu khas daerah juga bisa dijadikan pilihan, seperti menu sate klathak khas Yogyakarta.

Alternatif lain yang bisa dijadikan pilihan adalah menu masakan yang jarang digunakan. Salah satunya adalah nasi kebuli. Nasi kebuli adalah nasi khas timur tengah yang diolah bersama dengan daging unta ataupun kambing. Hampir menyerupai menu nasi goreng kambing, tetapi lebih memiliki rasa yang khas.

3. Acar

Acar merupakan makanan yang dibuat dari timun, cabai, bawang, tomat, dan sebagainya yang diberi cuka dan air garam sehingga bisa menimbulkan rasa khas. Acar umumnya disajikan sebagai hidangan pelengkap dari masakan olahan kambing pada menu aqiqah sederhana. Selain itu juga bisa disajikan sebagai salad.

 Acar sudah ada di berbagai negara dengan nama penyebutan lain. Di korea selatan dikenal sebagai Kimchi dan di Jepang sebagai Natto. Meskipun penamaan, bahan dan cara membuatnya terkadang berbeda, namun fungsi acar tetaplah sebagai makanan pelengkap. Selain itu makanan ini sebagai makanan untuk menetralisir makanan berlemak seperti berbagai olahan kambing pada menu aqiqah.

4. Urap Sayur

Urap merupakan hidangan berupa sayuran yang direbus dan dicampur kelapa parut yang dibumbui sebagai pemberi citarasa. Urap juga disebut sebagai gudangan di beberapa daerah di Jawa dan biasa ditemukan dalam masakan Indonesia. Namun sebenarnya urap berasal dari khazanah masakan Jawa. Karena itulah di beberapa acara yang bersifat upacara adat, makanan ini kadang trersedia.

Urap tidak mengandung daging, dan dapat dimakan begitu saja sebagai makanan vegetarian atau sebagai sayuran bersama nasi sebagai bagian dari hidangan lengkap. Untuk menu aqiqah, urap dijadikan makanan penyeimbang. Biasanya masakan olahan daging kambing aqiqah mengandung protein dan lemak hewani yang tinggi, dengan urap sayur akan ada zat penyeimbang nabati yang terkandung di dalam sayuran.

5. Tumis Brokoli

Terkadang pada menu aqiqah, selain olahan daging kambing juga tersedia tumis brokoli. Tumis ini merupakan masakan yang menggunakan bahan brokoli, wortel, dan kembang kol. Terkadang ada tambahan udang, bakso atau kreni. Masakan ini memiliki ciri yang segar. Karena masakan ini sedikit berkuah, maka sebaiknya di sajikan dengan olahan daging kambing yang tidak terklalu berkuah pada menu aqiqah.

6. Oseng Tempe

Menu Aqiqah Sederhana
Tempe bisa menjadi pilihan. Sumber Unsplash

Masakan lainnya yang sering ditemukan pada menu aqiqah sederhana adalah oseng tempe. Selain proses pembuatannya yang mudah, penggunaan oseng tempe bisa direkomendasikan karena banyak yang menyukai masakan ini. Anda bisa menambahkan menu ini di nasi box aqiqah yang akan anda buat.

Oseng tempe yang sering di tambahkan adalah yang dimasak dengan citarasa pedas manis khas masakan Jawa. Ada juga jenis oseng tempe yang dibuat kering dan renyah, biasanya akan ditambahkan bahan kacang. Varian lain adalah tumis tempe dengan citarasa pedas dan tambahan bahan lainnya yang menyerupai oseng mercon.

7. Buah Segar

Sebagai pelengkap menu aqiqah, anda bisa memasukkan satu jenis buah yang segar sebagai pencuci mulut. Yang paling sering dipakai adalah irisan buah semangka. Selain harganya tidak terlalu mahal, buah semangka juga terasa segar dan sagat cocok digunakan sebagai makanan pengiring dari olahan daging kambing yang biasanya berminyak. Namun anda bisa menggantinya dengan buah lain seperti jeruk.

Menu Aqiqah Sederhana
Semangka sebagai hidangan penyegar. Sumber Unsplash

8. Kerupuk

Tidak lengkap jika suatu masakan Indonesia disajikan namun tanpa kerupuk. Kerupuk menjadi bagian dari sajian masakan nusantara dan populer di berbagai tempat. Untuk nasi box menu aqiqah sederhana biasanya menggunakan kerupuk udang. Ketika kerupuk ini ditambahkan, hendaknya dimasukkan di dalam plastik tersendiri agar tetap renyah dalam jangka lama.

Itulah beberapa kombinasi masakan menu aqiqah sederhana yang bisa anda jadikan referensi. Anda bisa membuat nasi box sesuaidengan kreasi anda. Apabila anda mempercayakan kepada penyedia jasa layanan aqiqah, anda bisa request, masakan apa saja yag akan dimasukkan ke dalam paket nasi box. Dan tent saja kombinasi menu yang anda minta harus menyesuaikan budget dan juga jenis masakan lainnya agar cocok.  

Open chat