Banner Promo Aqiqah Akhir Tahun

Membuat Gulai Kambing – Gulai merupakan olahan yang terbuat dari bumbu gurih dan pedas. Gulai dan gule, keduanya merupakan makanan khas Indonesia yang berbeda, meski namanya hampir mirip. Gulai adalah hidangan berkuah khas Sumatera dengan bahan baku ayam, ikan, jeroan, kambing, sapi, dan sayuran.

Selain itu, gulai juga dimasak dengan bumbu yang berempah. Rempah yang digunakan antara lain jahe, jintan, lengkuas, ketumbar, kunyit, dan lainnya. Kuahnya relatif cukup kental dan rasanya gurih pedas.

Sedangkan, Gule adalah hidangan yang berasal dari Jawa. Kuah gule relatif lebih cair dan tidak begitu kental. Santan yang encer dan kaldu daging kambing membuat rasanya menjadi gurih. Namun, rasa gule tidak gurih pekat seperti gulai. Gule pun tidak terlalu pedas karena ditambahkan sedikit gula.

Baca juga : Olahan Daging Kambing

Cara Membuat Gulai Kambing

Ilustrasi Membuat Gulai Kambing
Ilustrasi Membuat Gulai Kambing, Sumber : Tokopedia

Berikut ini beberapa cara membuat gulai kambing yang enak dan lezat. Yuk simak ulasan lengkapnya.

1. Daging Kambing

Untuk membuat gulai kambing yang enak, langkah pertama Anda perlu memilih bagian kambingnya. Anda disarankan memilih bagian panggul dekat dengan ekor, sebab bagian ini dagingnya relatif lebih empuk dengan aroma tidak terlalu tajam dan lemaknya tidak terlalu banyak. 

Olahan gulai juga enak jika dicampurkan dengan jeroan seperti babat, paru dan usus dari sapi atau kambing. 

2. Rebus Daging

Cara berikutnya dalam membuat gulai kambing yang enak yaitu merebus daging terlebih dahulu. Rebuslah daging kambing yang sudah dipilih sampai airnya mendidih. Lalu buang buih berwarna keabuan yang terdapat pada permukaan air ketika merebus daging.

Upayakan untuk menghindari merebus daging bersamaan dengan jeroan, sebab bau prengusnya akan semakin terasa. Oleh karena itu, Anda bisa merebus secara terpisah dan menambahkan rempah seperti daun salam, lengkuas, jahe, daun jeruk dan batang sereh ke dalam air rebusan tersebut.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Kambing

3. Santan

Khusus untuk gulai, santan yang digunakan lebih kental dibandingkan dengan gule. Anda perlu memilih santan yang sudah tua agar kandungan minyaknya lebih banyak.

4. Bumbu Rempah

Bumbu yang dipakai agar resep gulai kambing menjadi lezat yaitu bawang merah, ketumbar, jahe, jintan, cabai merah, serai, kayu manis, cengkeh, kapulaga, pala, dan kunyit.

Resep Gulai Kambing

Ilustrasi Resep Gulai Kambing
Ilustrasi Resep Gulai Kambing, Sumber : kompas.com

Agar lebih jelas, berikut ini contoh resep gulai kambing yang bisa Anda buat di rumah.

1. Bahan

Bahan-bahan yang digunakan yaitu: 1 kg daging kambing dengan beberapa tulang iga, potong-potong, 1 sendok makan ketumbar bubuk, ½ sendok teh adas bubuk, ½ sendok teh jintan bubuk, 4 sendok makan minyak sayur.

Ditambah juga, 10 butir bawang merah, iris tipis, 1 sendok makan cabai merah bubuk /crushed chilli, 1 batang serai, memarkan, 5 cm kayu manis, 2 butir cengkeh, 2 butir kapulaga, ½ butir pala, memarkan, 1 liter santan, dan 200 gram kelapa parut, sangrai, tumbuk halus.

2. Menghaluskan Bumbu

Bumbu yang bisa Anda gunakan diantaranya: 5 siung bawang putih, 1 cm jahe, cincang, 1 cm kunyit, cincang, ½ cm lengkuas, cincang, dan 2 sendok teh garam

3. Cara Memasak

Pertama, aduklah potongan daging kambing dengan ketumbar, adas dan jintan hingga rata. Lalu, sisihkan selama 30 menit. Setelah itu, panaskan minyak, tumis bawang merah hingga layu. Kemudian, masukkan cabai merah bubuk, aduk hingga wangi.

Selanjutnya Anda tambahkan bumbu halus, serai, kayu manis, cengkeh, kapulaga dan pala, aduk hingga wangi. Berikutnya, masukkan daging kambing, aduk sampai kaku dan berubah warna. Tuangkan santan dan masukkan kelapa sangrai. Terakhir, masak dengan api kecil hingga daging kambing empuk. Angkat dan sajikan hangat. 

Manfaat Daging Kambing 

Olahan berbahan dasar daging kambing dapat menjadi salah satu komponen pola makan sehat ketika Anda konsumsi. Berikut ini beberapa manfaat daging kambing untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

1. Menjaga Otot

Daging merupakan salah satu sumber protein yang baik. Didalamnya terkandung asam amino yang dibutuhkan tubuh dan merupakan sumber protein komplit. Protein berkualitas tinggi tentu penting untuk menjaga massa otot, terutama bagi orang dewasa.

Asupan protein yang tidak terpenuhi bisa mempercepat dan memperburuk pengecilan otot yang disebabkan faktor usia. Ini tentu akan meningkatkan risiko sarcopenia, yakni suatu kondisi buruk terkait dengan massa otot yang sangat rendah.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan olahraga yang cukup. Ditambah konsumsi daging kambing secara rutin atau sumber protein tinggi lainnya. Hal itu dapat membantu memelihara massa otot.

2. Meningkatkan Performa Fisik

Ilustrasi Daging Kambing
Ilustrasi Daging Kambing, Sumber : kompas.com

Daging kambing juga cukup penting untuk memaksimalkan fungsi otot. Sebab, daging kambing mengandung asam amino beta-alanin yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi karnosin. Karnosin merupakan substansi penting untuk fungsi otot.

Karnosin level tinggi dalam otot manusia terkadang sering dihubungkan dengan penurunan tingkat kelelahan dan peningkatan performa olahraga.

3. Mencegah Anemia

Anemia yaitu kondisi yang terjadi disebabkan rendahnya sel darah merah dan menurunkan jumlah oksigen dalam darah. Gejala utamanya termasuk kelelahan dan kondisi tubuh yang lemah. Kekurangan zat besi juga menjadi penyebab utama anemia, tetapi bisa dengan mudah diantisipasi dengan mengatur pola makan.

Daging kambing merupakan salah satu sumber zat besi yang cukup baik. Tidak hanya mengandung zat besi dari makanan hewani, tetapi juga meningkatkan penyerapan zat besi non-heme, yakni zat besi dari makanan nabati.

Di sisi lain, mengkonsumsi daging kambing memang tidak lepas dari efek negatif. Beberapa studi observasi menghubungkan asupan daging merah tinggi dengan peningkatan risiko kanker dan penyakit jantung.

Dalam upaya menjaga kesehatan ibu hamil, maka mengkonsumsi daging kambing perlu ada aturannya. Konsumsi daging olahan seperti gulai kambing, atau terlalu matang menjadi perhatian dikarenakan kontaminan.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat gulai kambing yang menjadi salah satu olahan daging kambing populer khas Indonesia. Upayakan mengkonsumsi daging kambing tanpa lemak dalam jumlah yang tidak berlebihan dengan tingkat kematangan sedang untuk opsi yang lebih sehat.

Sebagai penyedia jasa aqiqah Purwokerto dan sekitarnya, pengolahan daging yang sehat menjadi komitmen Padi Aqiqah dalam memberikan pelayanan aqiqahnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Open chat